Senin, 15 Februari 2016

PLTMG Versus Pengamanan Sistem

Pernah mendengar skema Pengamanan sistim yang dilakukan oleh UPB??
tentu saja pernah...

Unit Pengatur Beban (UPB) dalam rangka menjaga agar operasi Sistim tidak mengalami gangguan total, maka ada beberapa skema/cara yang saya tahu dilakukan oleh UPB untuk pengamanan sistim.
antara lain  : 

  • Brown Out
  • Load Curtailment
  • Manual Load sheding
  • Load shedding UFR
  • Island Operation

Namun yang paling sering saya dengar dilakukan adalah Island Operation,
Island Operation adalah :
Memisahkan unit pembangkit dari sistem tenaga secara otomatis dengan hanya memikul beban disekitarnya terbatas sesuai kemampuan unit pembangkitnya apabila sistim mengalami gangguan. Pelaksanaannya dengan membuka beberapa PMT di gardu induk tertentu secara otomatis menggunakan UFR, sehingga terbentuk suatu sistem yang terisolasi dari sistem interkoneksi. jika operasi islan berhasil beberapa daerah tertentu masih mendapat pasokan daya listrik dan proses pemulihan diharapkan dapat berjalan lancar.

Namun yang sebenarnya yang saya pikirkan adalah, masih ingatkah kita bahwa sekarang ada pembangunan PLTMG Bangkanai kalimantan tengah dengan kapasitas 16 x 9,7 MW. (info terakhir yang saya tau uda sebagian RR)
Yang pernah saya baca ada 4 sistim yang isolated di kalteng yaitu Muara teweh, Buntok, Batu licin, Sampit.

lalu kira kira tantangan apa yang akan kita hadapi ketika unit pembangkit beroperasi isolated??




FOTO : Danny Prasetyo 21/10/2015, PLTMG Bangkanai on Progress

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengetahuan Perlu di Upgrade